Sabtu, 19 November 2016

NHW#4 Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah

Ma sya Allah, mengerjakan NHW#4 ini sungguh memerlukan pemikiran yang mendalam.
a. Pada Nice Homework #1, aku telah menetapkan jurusan ilmu yang akan aku dalami yaitu bagaimana membuat anak menjadi mandiri dan kreatif. Namun setelah membaca contoh yang disampaikan dalam NHW#4 ini, aku menjadi malu. Jurusan ilmu yang ingin kuperdalam, nyatanya cuma sebagian kecil dari ilmu besar yang harus dimiliki seorang ibu. Dan setelah merenung kembali, nyatanya bukan hanya itu yang ingin menjadi tujuan akhir namun ada tujuan yang lebih besar yaitu menjadi penggerak dalam masyarakat. Jadi jurusan ilmu yang ingin aku kuasai adalah ilmu menggerakkan masyarakat.
b.  Pada Nice Homework #2,  aku sudah berusaha membuat check list yang bisa menjadi langkah awal untuk mewujudkan visi misi menjadi ibu yang dicintai anak-anak dan suami yang bisa menjadi teladan buat masyarakat sekitar sekaligus bisa melakukan perubahan dalam masyarakat.
Checklist tersebut cukup sudah menantang buatku, setidaknya saat ini, mengingat kesibukan kantor dan kegiatan di rumah yang juga sangat padat.
Ternyata, beberapa checklist belum dapat aku kerjakan dengan baik sesuai keinginan. Bukan karena kesengajaan, tapi benar-benar karena waktunya sangat terbatas. Barangkali harus ada penyesuaian target yang lebih masuk akal meskipun aku tak akan menyerah untuk memenuhinya.
c. Merenungkan kembali  Nice Homework #3, membuat tekadku untuk bertahan di lingkungan tempat tinggalku sekarang menjadi semakin kuat meski sebelumnya sempat terlintas untuk pindah ke lingkungan yang lebih baik. Barangkali Allah telah memberi kesempatan buatku untuk bisa bermanfaat bagi lingkungan dibanding menjadi baik di lingkungan yang memang sudah baik. Namun, menjadi seorang penggerak masyarakat tentu haruslah bisa menjadi teladan yang baik terlebih dulu dan itu harus dimulai dari diri sendiri dan keluarga.
Oleh karena itu, akhirnya aku menetapkan:
Misi Hidup : memberikan keteladanan dan menggerakkan perubahan masyarakat
Bidang : motivating others
Peran : Inspirator dan penggerak

d. Dalam rangka untuk bisa menjadi ahli di bidang Motivating Others, maka  tahapan ilmu yang harus aku kuasai adalah sebagai berikut :
1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak, khususnya terkait pendidikan karakter pada anak, meningkatkan pede anak, kemandirian dan kreatifitas anak.
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga, khususnya mengelola emosi diri dan manajemen waktu.
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, khususnya bisnis dari dalam rumah dan kreatifitas.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang public speaking dan Motivating Others.
e. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

KM 0 pembelajaranku dimulai pada usia 42 th. Aku akan mendedikasikan 4 jam waktuku per hari untuk mencari ilmu dan mempraktekkan bersama dengan anak-anak.  Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun, sudah sudah bisa tercapai.
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha

f. Koreksi checklist di NHW#2, adalah terkait program hafalan menjadi seminggu sekali, program silaturahmi seminggu dua kali membaca buku tetap seminggu 1 buku untuk buku parenting , motivasi, psikologi, dan kreatifitas.

g. Dan yang terpenting adalah lakukan, lakukan, lakukan. Karena ilmu akan hilang begitu saja saat tidak dipraktekkan.
Semoga Allah memberikan kekuatan untuk mewujudkannya. Aamiin
***

#NHW#4
#matrikulasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar