Minggu, 30 Juni 2019

Game Level 3, Meningkatkan Kecerdasan Anak 3


Lebih dari 2 minggu, anggota rumah kami lengkap. Hari ini, Mbak harus kembali ke Malang melanjutkan kuliahnya. Berasa ada yang kurang meskipun masih ada 4 anak lagi di rumah. 
Mbak sudah 19 tahun. Kadang kami sebagai orang tua lupa kalau anak-anak sudah besar, sudah dewasa. Masih suka menganggap mereka anak-anak terus. Saya sangat tersentil pas ada senin ceria bersama Bunes yang bahas masalah gadget dan medsos dalam keluarga. Saya suka khawatir dengan mbak yang saya anggap berlebihan dalam bergadget. Bunes bilang, usianya sudah 19 tahun, sudah dewasa. Serahkan pada Allah. Degg..!!! Saya langsung nyessss...!!!
Sejak itu saya ajak ngobrol Mbak bahwa dia sudah dewasa. Ayah mama hanya bisa membimbing dan menunjukkan jalan, soal pilihan yang diambil, mbak harus siap dengan segala konsekuensinya. Selebihnya saya serahkan sama Allah, banyak berdoa. Hari ini saya bersyukur. Mbak ternyata sudah banyak mengurangi aktifitasnya bergadget. Apalagi ada debay kesayangan yang menyibukkan dirinya. Sisi keibuannya muncul. Tanpa disuruh, ia mau gantiin popok adik yang pup, bahkan bisa mandiin juga. 
Dalam project ini, mbak juga yang paling antusias memperlancar bahasa Inggrisnya.
Satu lagi sisi baiknya juga muncul. Masak. Saya kasih kesempatan dia menyiapkan masakan sendiri. Dan masya Allah, masakannya sedaaap. Ternyata yang nurun kedua neneknya pintar masak itu si mbak. 
Dan pas perjalanan mengantar dia balik ke Malang, dia bersama adik-adiknya sudah berbagi tugas masa depan. 
Nanti aku yang ngurus adik.
Aku yang bayarin spp nya, sahut kakak. 
Ah jadi terharu.
Semoga Allah merahmati kalian semua anak-anakku. Cerdas intelektual, Cerdas emosi.

#hari3
#gamelevel3
#tantangan10hari
#myfamilymyteam
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar