Selasa, 29 Maret 2022

Kenali Rasa Takutmu


Semua orang pasti punya rasa takut, hanya kadarnya saja yang berbeda tiap orang. Ada yang jadi penakut banget, ada juga seperti tak punya rasa takut. Sesungguhnya sekuat apa pun rasa takut itu pasti ada, hanya cara mengatasinya yang membuatnya memiliki hasil akhir yang berbeda.

Ketakutan berlebihan terhadap sesuatu bisa menyebabkan seseorang mengalami fobia. Fobia ini tidak melulu terhadap sesuatu yang menyeramkan, karena definisi menyeramkan juga berbeda bagi setiap orang. Orang bisa saja takut pada ketinggian, gelap, semut, laba-laba, cacing, teriakan, hujan, pokoknya apa saja bisa menyebabkan seseorang menjadi takut berdasarkan pencetus awal timbulnya rasa takut itu. Bagi banyak orang, hujan adalah sesuatu yang biasa saja bahkan bisa jadi menyenangkan, tapi ada pula segelintir orang yang begitu ketakutan setiap kali hujan turun bahkan bisa sampai pingsan. Bisa jadi ia pernah mengalami kejadi yang begitu menyedihkan dan membuatnya trauma saat hujan sedang turun. Jadi tak ada yang tak mungkin untuk sebuah kata takut bagi seseorang. Kita juga tak berhak meledek orang yang memiliki rasa takut terhadap sesuatu yang remeh.
Aku sendiri punya fobia terhadap ketinggian. Aku tak ingat sejak kapan aku mengalaminya. Yang jelas aku memiliki kisah lucu saat kecil akibat rasa takut ini. Aku kecil sangat suka memanjat padahal takut ketinggian. Saat itu aku mencoba memanjat pohon belimbing melalui genteng kandang ayam di rumah kakek nenekku. Dengan bangganya aku naik dan memetik buah belimbing. Saat waktunya turun, otomatis aku melihat ke bawah dan mulailah aku ketakutan sampai nangis dan akhirnya dibantu turun sama pamanku.
Anehnya aku tidak merasa kapok manjat bahkan sampai sekarang. Hanya saja sekarang sudah tau selanya untuk tidak melihat ke bawah saat turun. Kalau sedang berdiri di balkon saja walau ada pagar yang mencegah untuk jatuh, lututku langsung lemas saat melihat ke bawah. Meski berulangkali mencoba berani, tetap saja lutut terasa lemas saat berada diketinggian. Bagaimana rasanya kalau berada di jembatan kaca ya, mungkin sudah pingsan sebelum.sampai ke ujung. Namun fobiaku ini tidak terlalu parah menurutku karena masih bisa di atasi dengan tidak melihat ke bawah. Jika fobia sudah cukup mengganggu, maka seharusnya segera ditangani oleh ahlinya agar tidak berkepanjangan. Jadi tidak perlu takut dengan rasa takut. Kenali rasa takutmu dan taklukkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar