Sabtu, 30 September 2017

Kecerdasan Finansial Day 2


Ibu Profesional
Bunda Sayang
Level 8
Tantangan 10 Hari

Anak kedua kami, Hasna, memiliki kecenderungan boros dalam keuangan meskipun sudah diajarkan dengan nilai-nilai yang sama dengan kakaknya. Hanya saja dia memiliki nilai simpati yang melebihi ketiga saudara lainnya. Jika bertemu dengan pengemis atau orang yang sekiranya butuh bantuan, dialah yang paling reseh meminta kami untuk memberikan uang yang biasanya akan ditambahi dengan uangnya sendiri.
Ia suka sekali jajan karena ia memang senang makan. Tapi ia juga suka memproduksi sesuatu untuk dijual misalnya slime. Hanya saja ia belum bisa mengelola keuangan antara modal dan keuntungan. Secara perlahan saya memberinya pemahaman agar mengurangi borosnya dan mulai menabung. Ia menitipkan sebagian uangnya yang biasanya berasal dari pemberian kakek neneknya atau saudara-saudara yang lain kepada saya untuk ditabungkan di bank. Selain itu ia juga menitipkan sebagian uang sakunya kepada ayahnya dimana ia bisa sewaktu-waktu meminta untuk membeli barang yang dia perlukan. Kami memang menekankan kepada anak-anak jika ingin membeli barang diluar kebutuhan pokok, usahakan menggunakan uang sendiri.
Alhamdulillah sifat borosnya sudah mulai berkurang bahkan sudah mulai timbul instink bisnisnya. Saya mengajarkan untuk melihat peluang dengan melihat tren saat ini apa dan bisa memulai usahanya dari hal-hal yang dia sukai. Seperti saat ini dia sangat menyukai hal-hal yang berbau korea dan dia berencana membeli kaos dan mug kosongan yang nanti akan dia sablon dengan motif serba korea serta dijual kepada teman-temannya yang banyak menjadi penggemar Korea.
Dia juga sempat berinisiatif untuk membeli toko online gara-gara melihat kakak temannya bisa mendapatkan keuntungan besar dengan modal yang kecil. Saya membiarkannya dengan terus mengawasi. Toko online tersebut tidak berkembang dengan baik. Dari kegagalan-kegagalannya, saya mengajaknya untuk mencari dimana kekeliruannya untuk ke depan bisa dilakukan perbaikan dan tidak diulang lagi serta mencari solusi yang tepat dalam menemukan bisnis yang benar-benar pas untuknya.

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial
#Day2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar