Sabtu, 30 Maret 2019

Komunikasi Produktif (3): Bersama Menjaga Jalur


Belajar dari kesalahan di hari kedua,  setelah emosi telah mereda, hari ini saya kembali berkomunikasi dengan Zalfa. 
Zalfa merupakan anak ke 4 yang kebetulan paling sedikit mendapatkan waktu kebersamaan dengan saya dan ayahnya dikarenakan peraturan di kantor kami yang memberlakukan jamlerja baru dan absensi elektronik. Ditambah dengan pola pengasuhan asisten yang memanjakan dia sehingga kemandiriannya sangat kurang. Menyadari hal tersebut,  saya sepakat dengan suami untuk meninggalkan ranah public dan fokus pada pendidikan anak-anak. Inilah yang berusaha saya komunikasikan dengan Zalfa. Alhamdulillah, sejak cuti besar beberapa waktu lalu, sudah ada kemajuan namun masih banyak PR bersamanya.   
Kebetulan hari ini,  Zalfa akan mengikuti Yaumul Quran di sekolah. Dia akan menginap semalam dan ada beberapa perlengkapan yang harus dibawanya. Saya membiarkan dia menyiapkan semua perlengkapan yaumul quran sendiri dan dia bisa melaksanakan dengan baik. 
Disisi lain, saya menyadari, Zalfa sedang merasa tidak nyaman dengan kesepakatan soal penggunaan hp dan televisi. Dia merasa diperlakukan dengan tidak adil dibandingkan dengan kakak2nya. Saya berusaha menjelaskan bahwa batasan penggunaan hp tidak harus sama tergantung usia dan kebutuhan juga. Saya juga menjelaskan bahaya penggunaan hp secara dini apalagi dengan jangka waktu yang lama.  Zalfa pun bisa memahami. Namun tetap saja di akan protes jika kakaknya pegang hp. Karena itu saya juga menjelaskan ke kakaknya bahwa saat ini saya tengah 'meluruskan jalur' Zalfa agar tidak salah arah. Saya meminta bantuan kakanya agar turut memberikan suasana yang kondusif. Obrolan kami sambil makan membuat kakak merasa tidak terintimidasi dan dengan senang hati mau membantu. Imereparasi karakter tak bisa dilakukan sendiri,  harus bersama-sama dengan seluruh keluarga. Itu pula yang saya lakukan dulu saat menyembuhkan mas Fatih dari trauma pembullyan. Dan komunikasi hari ini pun cukup memuaskan. 

#hari3
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang


#institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar