Selasa, 19 Maret 2019

NHW#3 PB Self Healing

Pra bunsay kali ini sudah memasuki tugas ke 3. Pada tugas kedua minggu lalu, aku hanya sempat mengerjakannya secara minimalis tanpa sempat menuliskannya di blog ini. Maklum sedang berkejaran dengan HPL Dan aku sangat bersyukur sekali setelah berhasil submit nhw ke 2, malamnya aku mulai mengalami ptoses persalinan dan berhasil launching a baby girl pada pagi harinya pukul 04.25 WIB. 
Dari awal memang sudah terbayang perjuangan mengikuti kuliah bunsay kali ini.  Tapi aku tak imgin gagal untuk yang kedua kalinya. Makanya ketika berhasil melewati tahapan demi tahapan itu rasanya menjadi sangat luar biasa. 
Pada NHW kali inj,  kami mendapatkan tugas untuk melakukan self healing. Membersihkan masa lalu yang mengganggu agar dalam melaksanakan tugas sebagai ibu tidak lagi dibebani masa lalu tersebut. Masa lalu akan sangat mempengaruhi kepribafian kita sehingga harus diselesaikan terlebih dahulu dari efek negatifnya. 
Kebetulan banyak masa lalu yang sangat berpengaruh buatku meskipun sebagian besarnya sudahaku maafkan.  Salah satu yang paling berpengaruh adalah perceraian orang tua saat aku masih sangat kecil dan pernikahan kedua ibuku saat aku di bangku TK.  Mungkin sebenarnya pernikahan kedua itu biasa saja jika saja ibuku bukan merupakan kotban pernikahan paksaan oleh kakekku sehingga ia bahkan tak sempat mempersiapkan aku untuk menerima ayah baru. Akibatnya aku memberontak. Apalagi ketika tetanggaku menakut-nakutiku bahwa ayah tiriku akan kejam padaku seperti di cerita ari hanggara yang saat itu sedang terkenal. Aku semakin ketakutan.  aku bahkan berani berkata kasar pada ayah tiriku. Untungnya beliau tidak mengambil hati segala tindakanku. Tapi tidak demikian dengan ibu. Jika aku nakal,  makan tak segan ia akan memukul atau mengguyurku dengan air. barangkalai itu juga pelampiasan kekesalannya atas paksaan kakek. Meskipun semua ketakutanku tidak terbukti,  jiwaku terlanjur berlobang akibat kekerasan yang aku alami. 
Setelah mencoba menyelami life line masa lalu dan memahaminya dengan analisa vakog dan TFAN,  sekarang aku mencoba membuat jembatan mizan masa laluku. 
Jembatan Mizan:
- Efek buruk:
  1. Saya menjadi pemarah dan keras kepala
  2. Ibu suka memukul
- Pembelajaran/hikmah:
  1. Ternyata ayah tiri baik dan penyayang
  2. Perekonomian keluarga membaik
  3. Arah pendidikan membaik

Saat ini aku telah memaafkan semua masa lalu itu,  almarhum kakekku,  almarhumah ibu,  almarhum bapak, ayah tiri,  bahkan tetangga yang menghasutku. Aku tak mau menjadikan anak-anakku korban akibat masa laluku. Karena otu aku mempunyai misi menjadi ibu yang terbaik buat anak-anakku,  istri yang tulus mengabdi untuk suami,  dan orang yang bermanfaat bagi lingkungannya. 
Aku juga ingin berubah menjadi pribadinyang lebih hangat dan ramah,  pandai bergaul di segala lingkungan,  bukan lagi seoramg yang introvert dan merasa tidak nyaman dalam kerumunan banyak orang. 
Mudah-mudahan dengan self healing ini aku lebih bisa dengan mudah mewujudkannya. okay,  kali ini masih singkat juga ya tugasku. Si baby dah bangun lagi aja soalnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar