Jumat, 08 November 2019

IIP Kuliah Bunda Sayang, Game Level 7: Semua Anak Adalah Bintang (Day 6)


Pulang dari super camp, seperti biasa, Zalfa langsung bercerita. Kali ini ia mempertanyakan kebijakan gurunya dalam lomba memasak. Katanya masakan regunya tak dicicip sama sekali dan kalah. Yang menang hanya yang dicicip. Saya bilang, mungkin karena waktunya sempit penilaian pertama dari segi penyajiannya dulu. Jadi yang paling menarik langsung dapat poin dan dicicip. Satu lagi kelebihan Zalfa, kritis. sejak kecil, ia sangat kritis terhadap segala sesuatu. Maka kalau berbicara dan berdebat dengannya harus super hati-hati. 
***
Melihat pertumbuhan dan perkembangan baby Hanum detik demi detik setiap harinya sungguh membuatku merasa bersyukur telah memilih untuk resign setelah 20 tahun bekerja di ranah publik. Di usianya yang belum genap 8 bulan ini, telah terlihat ia anak yang pantang menyerah. Ruang tamu yang menjadi satu dengan ruang keluarga sengaja saya tata ulang demi memberinya ruang gerak yang luas. Ruang tamu digeser ke teras. Meja kursi dipinggirkan tersisa sebuah sofa panjang di dekat jendela. Seluruh lantai saya tutup dengan karpet eva mats. Mainan tinggal di taruh. Bahkan kolam plastik sengaja tidak dikempesin dan beralih fungsi menjadi kursi saat dia makan atau sebagai penghalang agar ia tak merangkak ke kamar mandi atau tangga. Benar-benar anak yang super aktif. Hanum pun bebas bereksplorasi. 
Beberapa kali ia merasa terhalangi oleh kolam plastik, ia tampak berpikir. Tak lama ia mencoba menggeser kolam itu dengan pantatnya, dan terbukalah jalan buat ia merangkak ke area tangga. Saya tertawa melihat aksinya. Bagaimana pun aktifnya dia, saya sudah berjanji untuk memberinya kesempatan belajar dan berpikir seluas-luasnya. Tak akan ada teriakan jangan, tapi penjelasan sebab akibat meskipun saat ini mungkin ia belum mengerti tapi saya yakin suatu saat ia akan paham dan belajar. Saat ia jatuh saya pun tak reflek teriak, hasilnya, beberapa kali ia tergelempang, nyantai aja nggak menangis.
Semua binantang yang ia lihat membuatnya bersemangat, mulai kucing, ayam, kura-kura peliharaan, bahkan semut dan lalat. 
Sebuah tantangan luar biasa bagi saya untuk bisa mengasah bintangnya. Semoga Allah senantiasa memberiku petunjuk dan kekuatan. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar