Minggu, 08 Maret 2020

IP Kuliah Bunda Sayang, Game Level 11: Fitrah Seksualitas (Day 10)

Hari ke 8 diskusi tentang seksualitas dibawakan oleh ceu Tika, ceu Desy, ceu Mety dan ceu Kian dengan mengusung tema Ketika anak bertanya seputar seksualitas. Wuah, tema yang pasti bikin kita suka terbengong-bengong buat yang masih punya anak usia balita ya. Anak-anak tuh kan suka banget bertanya yang di luar dugaan kita trus kita jadi bingung mau ngejawab apa. ntar kalau dijelasin detail takut ga paham, kalau dijelasin lain takut salah paham. Makanya kita sebagi ortu memang harus banyak belajar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang suka muncul dari anak-anak mungil kita khususnya. Kalau yang sudah besar kan lebih mudah menjawabnya kan.
Pertanyaan yang paling sering diajukan anak misalnya:
Bunda kenapa adik bayi ada dalam perut bunda, atau adik bayi berasal dari mana?
Haid itu apa sih Bun?
Bunda itu apa? KOk punya adik bayi beda sama kakak?( sambil nunjuk penis adik)


Bagaimana kita mengahadapi dan bersikap jika ada pertanyaan macam itu?
Yang musti dilakukan dulu jika anak bertanya adalah:
1. Bunda kudu tenang. Kenapa tenang, karena bisa jadi apa yang ditanyakan anak beda dengan apa yang ada dalam pikiran kita. Jadi kalau anak bertanya harus kita tanya balik apa yang dia maksudkan. kalau sudah sama persepsinya baru kita jawab.
2. Jawab pertanyaan anak dengan dengan jelas dan bahasa yang benar sesuai usia anak. Misal anak bertanya soal asal adik bayi ya nggak perlu juga kita jelaskan sesuai dengan ilmu biologi, pusying dia nanti.
3. Usahakan menamai segala sesuatunya dengan penamaan yang benar jangan pakai istilah sendiri misalnya penis jadi burung, kemaluan perempuan jadi memek, dsb karena bisa membuat anak jadi bingung. Lagi pula setiap penamaan kan ada maksudnya, misalnya kemaluan, kenapa namanya begitu, karena kalau terlihat itu harus malu.
4. Jika tidak tahu jawabannya maka jangan beri jawaban asal tapi minta waktu untuk mencari tahu. Bisa ngeles dulu lah.

Berikut contoh-contoh pertanyaan yang umum diajukan beserta jawabannya:

Dedek bayi asalnya dari mana?

Dalam tubuh bunda dan ayah ada benih untuk membuat adik bayi,kalau benih itu bertemu bisa menyatu menjadi adik bayi yang hidup dalam tubuh bunda. Atau bisa juga dedek bayi ditiitpin Allah dalam perut bunda.


Kenapa laki-laki perlu disunat?
Karena sunat/khitan adalah sunnah Rasulullah yaitu memotong kulit/kulup yang menutupi ujung kemaluan laki-laki. Salah satu tujuannya untuk membersihkan penis dari kotoran dan juga mempermudah untuk mensucikan najis.

Apa itu mimpi basah?
Mimpi basah adalah mimpi saat tidur dan ketika bangun celananya basah akibat cairan yang keluar dari kemaluan, tapi bukan pipis..
Saat baligh, tubuh akan mengalami perubahan hormon yang mengakibatkan perubahan fisik dan psikis. Misalnya Penisnya bertambah besar dan bisa mengeluarkan cairan sperma/mani, kulit jadi lebih berminyak, bentuk tubuh juga berubah, mulai tertarik pada lawan jenis, dll. Ini sih jawaban untuk anak yang sudah lebih gedean ya. harus lebih detil krena pola pikirnya sudah mulai berkembang.

Kapan boleh menikah?
Menikah dibolehkan dan wajib dalam syariat Islam jika memenuhi persyaratan antara lain:
1. Telah matang jasmani dan rohani
2. siap mental
3. mampu membiayai kebutuhan rumah tangganya
4. mencegah perzinahan

Hal yang perlu dihindari:
1. Bersikap tegang dan emosional dalam menjawab pertanyaan anak
2. Jangan pernah menjawab, Ih kepo deh, atau kan kamu masih kecil, dan sejenisnya
3. Jangan menjawab asal-asalan.

Nah gitu dulu ya resume kali ini, semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar