Sabtu, 02 April 2016

Gosip di Era Digital

Gosip. Kata satu ini pasti sangat erat kaitannya dengan kaum perempuan. Sejak jaman sebelum Masehi hingga jaman digital ini, gosip tetap eksis.
Apa sih gosip tuh? Gosip adalah kabar yang belum tentu kebenarannya. Kalau dalam kamus KBBI, gosip adalah perbincangan tentang orang-orang lain; cerita negatif tentang seseorang; pergunjingan.
Dalam Agama Islam ada istilah ghibah dan fitnah. Dikatakan ghibah jika kita membicarakan tentang orang lain yang meskipun cerita itu benar, tapi bila didengar oleh orang yang bersangkutan, orang tersebut tidak suka. Jika cerita yang disampaikan salah, maka sudah termasuk fitnah.
Gosip, ghibah, atau fitnah pada jaman dahulu banyak digambarkan dengan ibu-ibu yang suka main ke tetangga trus ngobrol kesana kemari hingga akhirnya membicarakan orang lain, kebanyakan sih sisi negatifnya. Kalau sisi positifnya kayaknya kurang seru.
Bagaimana dengan era digital sekarang? Gosip dkk semakin berkembang meluas dan mudah dengan adanya medsos. Sebut saja Facebook, BBM, wa, path, dll. Sekali pencet, gosip bisa langsung menyebar ke banyak tujuan. Satu orang penerima meneruskan ke kelompok yang lain dst, bisa dibayangkan berapa banyak orang yang menerima gosip tsb. Jika sudah terlanjur tersebar dan ternyata tak benar, susah untuk membersihkannya kembali.
Apa yang seharusnya dilakukan bila kita menerima sebuah berita digrup kita misalnya?
1. Jangan buru-buru disebarkan;
2. Pastikan sumbernya.
Jaman sekarang, banyak sekali kawan berkirim berita, nasihat, dan cerita. Jika nadanya negatif, mungkin lebih mudah bagi kita untuk kirim warning ke otak kita. Cek dulu. Tapi banyak pula yang bernada nasihat, atau tips dan berita lain yang kelihatannya 'bermanfaat' ternyata sumbernya pun tidak jelas dan sudah pasti kebenarannya juga dipertanyakan. Jika sudah begini, lebih baik biarkan saja. Jangan takut atau percaya dengan 'ancaman' di akhir berita, "sebarkan, siapa yang tidak menyebarkan termasuk orang-orang yang lalai" atau "sebarkan = sedekah."
Sejak jaman saya masih kecil, ancaman seperti itupun sudah ada. Kalau saya malah langsung ogah menyebarkan begitu ada ancaman di belakangnya.
3. Jika menerima berita berupa tulisan atau gambar yang 'aneh-aneh' langsung hapus saja agar tak dibaca atau dilihat oleh orang lain. Yang jelas biar nggak bikin penuh memori hp :)
Demikian sedikit tips menghadapi gempuran gosip di era digital. Semoga bermanfaat.
***
#odopfor99days
#day63

Tidak ada komentar:

Posting Komentar