Selasa, 28 Februari 2017

Tantangan Melatih Kemandirian Anak

Pelajaran kedua dalam perkuliahan Bunda Sayang kali ini adalah Melatih Kemandirian Anak. Buat saya mungkin sudah agak terlambat karena anak-anak saya sudah beranjak dewasa.
Alhamdulillah, anak-anak sudah cukup mandiri menurut saya.
Anak pertama sudah kelas 2 Aliyah dan tinggal di pesantren. Dia sudah sangat mandiri dan bisa diandalkan menjaga adik-adiknya ketika pulang. Anak kedua kelas 3 SMP juga sudah cukup mandiri sampai untuk urusan memasak dan bersih-bersih bisa diandalkan. Anak ketiga kelas 6 SD dan si bungsu kelas 3 SD juga sudah cukup mandiri secara pribadi. Namun demikian harus saya akui karena saya tidak selalu ada bersama mereka saat masa pertumbuhan mereka dikarenakan kesibukan di ranah publik, masih ada bolong di sana sini terkait kemandirian mereka.
Jujur untuk tantangan kemandirian ini saya cukup kebingungan dalam mengaplikasikannya. Apa lagi ya?
Sebenarnya saya memang sedang berencana mengajarkan anak ke 3 untuk mencuci, karena sebentar lagi dia akan masuk pesantren, tetapi hal tersebut praktis hanya bisa saya lakukan saat libur weekend.
Jadi saya buat saja list kemandirian yang ingin saya ajarkan kepada anak:
1. Management waktu
2. Mencuci baju sendiri
3. Mengelola uang sendiri
Pada tahap pertama ini saya akan membimbing anak-anak bisa bertanggungjawab mengelola waktu dengan lebih baik.
Hari ini, karena pulang lebih malam dari biasanya, saya memberi tanggung jawab kepada kakak Hasna untuk menjaga kegiatan rutin adik-adiknya, sholat, makan dan gosok gigi sebelum tidur. Selain itu, pada kedua adik-adiknya juga saya ajarkan untuk melakukan kewajibannya tanpa disuruh. Dalam satu Minggu ke depan, yang berhasil melakukan tantangan akan mendapatkan reward.
Semoga saya bisa terus konsisten mendampingi mereka menuju kemandirian yang lebih baik.

#hari1 #tantangan10hari #bundasayang #IIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar