Sabtu, 06 Mei 2017

Memahami Gaya Belajar Anak #Hari 1

Anak pertama, kak Firda, saat ini sudah memasuki kelas XI di pesantren Darul Muttaqien. Saya mencoba mengingat gaya belajar anak saya ini.
Anak saya ini mirip saya dalam belajar, tidak suka keramaian. Lebih suka belajar dalam keheningan. Yang paking saya ingat dari proses belajar kak Firda adalah saat ia belajar membaca. Saat itu saya belum memahami ilmu parenting. Saya masih berpikir sebagaimana orang tua kebanyakan, senang ketika anak bisa membaca diusia dini. Maka saat kak Firda TK, saya mulai mengajarinya membaca. Sayang sekali, ia sepertinya belum bisa belajar seperti harapan saya. Kemajuannya tidak secepat bayangan saya. Saat itu saya kecewa. Tapi kemudian saya menyadari kalau saya terlalu memaksa kak Firda untuk bisa membaca. Saya pun 'semeleh' membiarkan kan kak Firda kembali pada dunianya. Saya berhenti mengajarinya membaca. Tetapi tanpa disangka, ketika saya tidak 'ngoyo' mengajarinya, tak berapa lama, kak Firda malah bisa membaca sendiri. Sejak itu, saya berjanji pada diri sendiri, saya tidak akan memaksakan keinginan dan harapan saya pada anak. Anak berhak menjalani proses belajarnya sesuai dengan kemampuan dan kemauannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar