Sabtu, 06 Mei 2017

Memahami Gaya Belajar Anak #Hari 2

Saya belajar banyak dari cara mendidik anak saya yang pertama. Maka saya belajar nersbar ketika anak kedua lahir, kak Hasna. Bagi saya, pendidikan agama adalah  d hal terpenting yang harus ditanamkan terlebih dahulu dibandingkan pendidikan lainnya. Maka saya berusaha mengajarkan anak membaca Al Qur'an sebelum membaca huruf latin. Kali ini saya tidak mau memaksakan anak untuk bisa. Saya hanya mengajarinya Iqro tanpa target dan lebih mengutamakan agar anak bisa enjoy. Kak Hasna belajar dengan cepat.
Suatu saat, ketika pelajaran Iqro nya sampai huruf bersambung, kak Hasna seperti jalan ditempat. Dan belajar dari pengalaman mengajari kak Firda, saya mencoba memberi ruang pada kak Hasna. Benar saja, ketika akhirnya kak Hasna 'klik' terhadap huruf sambung, pelajarannya kembali melaju dengan cepat.
Kesimpulan saya semakin kuat bahwa setiap anak memiliki saat yang tepat dalam proses belajarnya. Dan ketika proses itu telah sampai pada klik nya, maka semuanya akan terasa sangat mudah. Jadi biarkan saja prosesnya mengalir secara alamiah. Orang tua hanya memfasilitasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar