Jumat, 18 Agustus 2017

Agustus dan Keluarga

Agustusan dari tahun ke tahun senantisa menyisakan kenangan manis. Dulu sekali ketika aku masih kecil, Agustus menjadi bulan yang aku tunggu dimana aku bisa menampilkan segala macam kebolehan. Bulan pembuktian diri.
Begitu masuk Agustus, pak RT akan memberikan arahan untuk segera memasang bendera Merah Putih yang akan terpasang terus sampai Agustus berakhir. Hiasan warna warni bernuansa Merah Putih menghiasi rumah warga dan lingkungan sekitar.
Perayaan lebih besar diadakan ditingkat kecamatan. Karnaval antar sekolah, gerak jalan, dan lomba-lomba ala agustusan lain yang sampai kini masih terus berlangsung. hampir semua lomba itu pernah aku ikuti. Dan puncaknya adalah upacara bendera tanggal 17 Agustus di lapangan dekat rumah. Emosiku selalu terbawa disaat seperti itu. Haru dan bangga pada perjuangan para pahlawan. Kedua orang tuaku senantiasa menanamkan kecintaan pada tanah air sejak kecil. Itulah yang memuouk jiwa nasionalisme pada diriku.
Kini, ketia aku memiliki keluarga sendiri, akuoun ingin anak-memiliki krnangan yang indah tentang Agustus. Aku biarkan anak-anak mengikuti segala macam lomba bersama teman-temannya. Bukan kemenangan yang menjadi tujuan, tetapi rasa kebersamaan dan rasa memiliki Indonesia lebih penting untuk ditanamkan.
Demikian antusiasnya anak-anak sampai jauh haripun sepedanya sudah dihias untuk mengikuti sepeda hias. Semoga kelak menjadi kenangan indah saat dewasa dan senantiasa mengingatkan akan arti penting kemerdekaan bagi mereka.
***

#RumbelMenulisIIPBogor
#Agustus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar