Selasa, 07 Mei 2019

Melatih Kemandirian Anak (Day 13)

Alhamdulillah, sejauh ini Zalfa dapat melakukan kewajibannya untuk meletakkan handuk dan baju kotornya pada tempatnya tanpa perlu diingatkan.
Puasa kali ini juga tidak lagi terdengar rengekan lapar. Memang sempat beberapa kali bilang lapar tapi tanpa rengekan. Aku hanya bilang, namanya puasa ya lapar dan dia senyum aja. Dia juga tidak protes meskipun melihat orang lain makan.
Bantu-bantu bebenah rumah tetap berjalan normal. Hanya baca kartun di hp jadi bertambah kuantitasnya karena sedang libur pula. 
Saat anak-anak libur dan berkumpul seperti ini adalah saat rumah menjadi lebih ramai dengan beberapa insiden keributan ala saudara. Kakak Hasna yang sangat jail dan hobi mengganggu Zalfa. sementara Zalfa sangat sensitif menanggapi kejailan kakaknya mas Fatih melengkapi gesekan-gesekan itu. Aku terus memberi pengertian ke para kakak untuk tidak menjahili adinya agar tidak terus berteriak. Apalagi sekarang ada baby Hanum yang akan mencontoh. Kepada Zalfa juga aku tegaskan bahwa semakin dia menanggapi keusilan, maka semakin senang mengganggunya. Seperti hari ini, kak Hasna meledek Zalfa untuk melepaskan 'helm'nya alias rambutnya yang dipotong ngebob. Beberapa hari terakhir dia marah terus diledek seperti itu tapi hari ini ia berkata "kan lagi perlu untuk pengamana."
Aku acungi jempol padanya.
"Good, girl. Dan lihat, kakak kehabisan kata buat menggoda kan." Kak Hasna tersenyum nyengir. Semoga Zalfa mulai mengerti maksud perkataan ku untuk mengabaikan ledekan.
Untuk mas Fatih yang akan kembali ke pesantren hari ini, terus aku berikan support agar bersabar dan menjaga kejujuran. Setelah mandi sore, ia menyiapkan semua keperluannya di pesantren. Aku mengajarkan untuk membuat check list agar tak ada yang ketinggalan.
Baby Hanum tak kalah belajar kemandirian. Dia sudah mulai mengerti ditatur saat mau mandi atau pas bangun tidur. Lumayan mengurangi cucian clodi atau pospak.
Berkomunikasi dengan anak dan melatih kemandirian pada anak itu kuncinya memang sabar. Tak bisa sekali dua kali diajarin trus langsung bisa. Dan penting lagi adalah doa. Semangat terus berlatih bersama, mama dan anak.
 
#semangatlebihbaik
#hari13
#gamelevel2
#tantangan10hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
#institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar