Sabtu, 11 Mei 2019

Melatih Kemandirian Anak (Day 17)

Karena hasil ngomporin kakaknya, Zalfa jadi ingin nonton bioskop avengers, end game. Tapia dia inginnya nonton sama ayah dan kak Hasna. Masalahnya kakak Hasna ga mau ikutan karena kemarin sudah nonton dan juga senin mau ujian. Kemudian film ini durasinya sangat panjang sehingga waktu sholatnya sangat mepet alias harus sholat disana kalau gak mau kehilangan waktu sholat. Zalfa pun mulai rewel karena kalau pergi dengan ayah saja berarti dia akan sholat sendilri. Penjelasan macam2 tak mau masuk telinganya. Meskipun setelah drama tangisan akhirnya Zalfa mau tidak nonton tapi main aja sama ayah.. Dan berangkatlah mereka berdua.
Inilah salah satu kemandirian yang belum dimiliki oleh Zalfa yaitu berani bersinggungan dengan orang lain ditempat umum. Misalnya belanja ke warung, duduk dekat orang lain dalam angkutan umum, dll. Kemandirian ini telah menjadi sasaran berikutnya untuk dibiasakan kepada Zalfa.
Namun sejauh ini, alhamdulillah, progress Zalfa belajar kemandirian sangat membahagiakan dan membuat saya bertambah yakin dengan keputusan untuk resign. Latihamnya dalam beberapa minggu terakhir juga masih konsisten ia lakukan engan hasil yang lebih baik setiap harinya. Meskipun terkadang beberapa tidak dilakukannya karena alasan tertentu misalnya sudah menjadi tugas kakak sehingga jika ada kakak, ia pun mengerjakan lainnya. Semoga dengan pendampingan langsung dariku membuatnya semakin percaya diri dan bahagia dalam pembelajaran kemanditian untuk seterusnya.

#semangatlebihbaik
#hari17
#gamelevel2
#tantangan10hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
#institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar