Jumat, 10 Mei 2019

Melatih Kemandirian Anak (Day 16)


Pagi-pagi  Zalfa sudah mandi dan meletakkan handuk beserta baju kotor pada tempatnya. Tak mau kalah dengan baby Hanum yang sekarang mandinya juga pagi-pagi. Efeknya nyucinya juga bisa pagian.
Habis itu dia melakukan tugas rutinnya bebenah tempat tidur, membuka korden dan jendela.
Hari ini Zalfa mulai berlatih menyapu rumah. Awalnya asal aja, pelan-pelan saya jelaskan kalau nyapu itu juga sambil melihat sekeliling yang belum rapi dirapikan. Kalau ada sampah dipungut. Hasilnya belum bersih bener sih, tapi sudah cukup lumayan. Efek sapunya juga masih kegedean, megangnya masih agak repot. 
Sementara itu saya sambil nyuci. Belum sempat menjemur, baby Hanum sudah minta nenen. Untungnya habis itu tidur lagi. saya dan Zalfa pun segera bergerak cepat menjemur cucian bersama. Kali ini dia sudah cukup rapi dan telaten menjemur pakaian dalam dan baju adiknya. Tak ada keluh kesah. 
Siangnya, waktu bebas Zalfa buat bermain sambil sesekali jagain adikmya saat saya musti beraktifitas atau sholat.
Sore hari, setelah pulang sekolah, kak Hasna ijin keluar dan praktis di rumah hanya ada Zalfa yang bisa bantu-bantu. 
Selepas sholat Ashar, Zalfa mengaji dan hafalan Quran bersama gurunya yang datang ke rumah sementara saya menyiapkan buka puasa yang simpel saja, nasi goreng permintaan Zalfa dan menghangatkan rendang sisa semalam. Untuk takjil sudah ada kolak yang dibeli ayah kemarin dan es nata de coco.
Zalfa yang bertugas menyiapkan untuk buka bersama.
Menjelang Magrib ayah pulang lanjut buka bersama. Zalfa pula yang membantu membereskan makanan saat sudah selesai. Tak lama ia sudah mulai mengantuk. Untung masih bisa ditahan buat sholat Isya lebih dulu. Setelah itu lanhsunh terlelap dalam mimpi.
Alhamdulillah, hari ini Zalfa sudah sangat banyak membantu saya sejak pagi hibgga malam..

#semangatlebihbaik
#hari16
#gamelevel2
#tantangan10hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
#institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar