Kamis, 09 Mei 2019

Melatih Kemandirian Anak (Day 15)

Melalukan pembelajaran pada anak di saat puasa itu merupakan tantangan tersendiri. Demikian pula halnya dengan Zalfa. Untuk menjalankan puasanya saja sudah merupakan perjuangan. Jadi untuk mengajarkan sesuatu yang baru saat puasa musti ekstra sabar.
Dan hari ini ia mulai masuk sekolah meskipun pulang lebih pagi.
bangun pagi sahur tidak rewel. Sholat shubuh, menyiapkan semua keperluan sekolahnya sendiri termasuk tas kecil yang pinjem dari kak Hasna.
Pulang sekolah, Zalfa minta ijin nanti jam 1 mau main sama sohibnya, Almira.
Boleh, tapi sholat duku ya, Sayang.
Memang sengaja jam 1 supaya bisa sholat dulu, mama.
Ditengahtengah dia Main, cuaca mendadak gelap sementaraaku masih menyusui dan kak Hasna masih tidur,.maka aku minta tolong Zalfa untuk mengambil cucian yang berada di luar. 
Setelah itu ada wa dari pengepul jelantah yang akan mengambil jelantah dan dia sudah berada di lokasi yaitu balai warga yang tak jauh dari rumahku. Terpaksa aku menitipkan Baby Hanum yang sedang tidur ke Zalfa dengan pesan untuk aegera memanggil aku di posyandu kalau adik bangun. Dan benar, saat petuhas tengah menakar jelantah, Hanum bangun. Aku pun pulang sebentar untuk menyusui dan kembali lagi ke balai untul menyelesaikan transaksi.
Tak lama hujan pun turun dengan derasnya. Setelah baby Hanum mandi, giliran Zalfa mandi dan tak lupa hanfuk dan baju kotornya diletakkan pada tempatnya. 
Akhirnya, saat yang menyenangkan baginya yaitu membantu menyiapkan makanan berbuka.
Karena idak tidur siang, Zalfa tertidur sebelum Adzan Isya berkumandang. Alhamdulillah ianbisa dibangunkan untuk sholat Isya namun ia tak sempat melakukan sholat tarawih karena barangnya sudah menipis. 
Hari ini berlalu tanpa pelajaran baru untuknya.namun kegiatan kandirian yang sudah hari-hari sebelumnya tak lagi lupa.
Esok aku akan mengajarkan Zalfa agar bisa menyapu rumah dan halaman.

#semangatlebihbaik
#hari15
#gamelevel2
#tantangan10hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
#institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar