Selasa, 24 Januari 2017

Misi Hidup dan Produktivitas



Menemukan misi hidup sangat penting dalam menunjang produktivitas keluarga.
Pada NHW#7, telah dibuat kuadran aktifitas yang menggambarkan kegiatan yang disukai/tidak dan yang bisa/tidak. Sekarang saatnya memilih aktifitas pada kuadran SUKA dan BISA untuk kita jadikan focus dalam hidup kita dan kali ini saya memilih Journalist yang akan saya pelajari lebih lanjut dalam perjalanan hidup saya ke depan. Untuk selanjutnya kita akan menjawab beberapa pertanyaan terkait focus yang sudah dipilih.
Karena saya memilih  JOURNALIST sebagi topic utama, maka inilah yang akan saya lakukan dalam hidup saya pada beberapa tahun ke depan:
1.       Ingin menjadi apa pada bidang journalist? Saya ingin menjadi penulis buku ketrampilan dan fiksi
2.      Ingin melakukan apa? Untuk menjadi seorang penulis yang baik, saya harus memiliki komitmen dan konsistensi dalam menulis. Sebagaimana NHW terdahulu, salah satu target harian saya adalah menulis setiap hari. Untuk membuat tulisan yang bagus, saya perlu belajar bagaimana menulis yang baik, serta banyak membaca buku untuk memperluas pengetahuan dan penting juga untuk belajar pada ahlinya.
3.       Ingin memiliki apa? Saya ingin bisa memiliki buku hasil karya sendiri yang bisa membawa manfaat bagi banyak orang.
Dalam 3 aspek dimensi waktu, inilah yang ingin saya capai dalam hidup:
1.       Apa yang ingin dicapai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)?
Dalam kehidupan, saya sangat ingin menjadi manusia yang bermanfaat bagi banyak orang, sebagaimana sabda Rasulullah bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat. Saya ingin membuat sebuah biografi hidup saya yang bisa memberikan inspirasi dan manfaat bagi orang banyak.
2.      Apa yang ingin dicapai dalam kurun waktu 5 tahun (strategic plan)?
Dalam kurun 5 tahun, saya harus produktif menulis dan menerbitkan buku baik fiksi maupun buku ketrampilan sehingga menulis sudah menjadi bagian dari hidup saya.
3.       Apa yang ingin dicapai dalam kurun waktu kehidupan kita (new year resolution)?
Dalam 1 tahun ini, saya harus konsisten menulis setiap hari dan banyak belajar sehingga bisa menerbitkan 1 buku pada akhir tahun nanti.
Let start now! Change or Loose!

#NHW8
#latepost

Tidak ada komentar:

Posting Komentar