Jumat, 15 Januari 2016

Diet Food Combining

Gelambir perut, berat badan meroket, adalah masalah umum ibu rumah tangga apalagi jika umur sudah melebihi 40 tahun dimana metabolisme tubuh sudah mulai menurun.
Sebenarnya banyak cara untuk bisa kembali langsing. Dari mulai diet rendah lemak, diet kabohidrat, obat pelangsing, sedot lemat, olah raga dan banyak lagi cara diet. Tapi semua berpulang pada niat dan kondisi masing-masing orang.
Aku termasuk orang yang nggak mau ribet dengan diet yang merepotkan. Apalagi aku memang suka dengan makanan enak. Susah kalau kalau harus diet ketat. Apalagi kalau sedang bertugas di luar kota dan diajakin kuliner oleh teman-teman. Hmm, sungguh godaan yang sangat sulit ditolak.
Sebelum usia 35, kegemaranku makan tak pernah jadi masalah. Badanku tetap segitu gitu saja. Tapi kini di usia lebih dari 40 tahun, nggak makanpun berat badan lemak rasanya tetap menumpuk, puasa tak ada efeknya, apalagi kalau makan tak dikontrol, dijamin berat badan langsung meroket.
Minum teh atau pil pelangsing hanya menambah pembengkakan pengeluaran saja. Jadi saat ini aku tengah mencanangkan pada diri sendiri untuk disiplin melaksanakan food combining.
Food combining (FC) adalah melaksanakan pola makan sesuai dengan kerja alami sistem pencernaan.

Prinsip pertama:
Menurut metode FC, jam makan terbaik adalah pukul 12.00 sampai 20.00. Sedangkan setelah pukul 20.00 s.d. 04.00 merupakan fase penyerapan dan pukul 04.00 s.d. 12.00 merupakan fase pembuangan.

Prinsip kedua:
FC tidak mencampurkan konsumsi karbohidrat dan protein. Karena hal tersebut dapat membentuk sifat asam basa dan membuat berat sistem kerja pencernaan.

Contoh menu FC:

Bangun tidur:
Segelas air putih+perasan jeruk lemon/nipis. Tanpa gula.

Sarapan:
Aneka buah potong/jus buah tanpa gula. Makanlah kapanpun jika lapar sampai dengan pukul 12.00. Buah tersebut tidak termasuk nangka, durian, alpukat, pisang dan buah mentah.

Makan siang (12.00)
Ayam/daging/ikan + sayuran rebus/sup/rujak/salad

Selingan sore (16.00)
Pisang/kacang-kacangan (tidak digoreng)/susu kedelai/susu almond/yogurt tanpa gula, boleh ditambah madu.

Makan malam (18.00-19.00)
Nasi/kentang + sayuran/tahu/tempe

Alhamdulillah, bunda. Baru 2 hari, sudah turun 1 kg. Di badan juga terasa lebih enak. Diet FC juga masih memungkinkan aku makan apa saja asal disesuaikan waktunya.
Memang berat di awal. Tapi setelah beberapa hari sudah terbiasa danterasa ringan. Kuncinya diet adalah disiplin dan itu yang harus dijaga. Semangaaat....!

#ODOPfor99days
#day10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar