Sabtu, 09 Januari 2016

Muslimah Kok Bau...?

Pulang pergi bekerja menggunakan KRL, membuatku harus berdekatan bahkan berhimpitan dengan banyak orang, Beruntungnya KRL memiliki 2 gerbong khusus wanita sehingga tidak perlu berdesakan dengan lawan jenis. Namun demikian, terkadang kenyamanan di kereta terganggu dengan bau badan (BB) dan bau mulut (BM) penumpang yang bergelantungan.
Terkadang aku tak habis pikir apakah si pemilik BB dan BM itu tidak dapat mencium bau tak sedap yang berasal dari dirinya? Aku sendiri termasuk orang yang peka dengan bau badan atau bau mulut bahkan bau sendiri. Misalnya ketika sedang sakit tenggorokan, maka bau mulut cenderung tak sedap dan aku akan segera berupaya mengatasinya. Demikian pula ketika kondisi badan kurang fit, maka bau badan akan sedikit tak sedap dan akan segera mengambil tindakan agar berkelanjutan.
Apalagi buat muslimah. Islam itu agama yang menyukai kebersihan dan keindahan. Memang sebagai muslimah kita tidak diperbolehkan untuk memakai wewangian berlebihan sehingga bisa menimbulkan fitnah. Namun bukan berarti sah-sah saja kalau kita bau kan? Jangan sampai umat lain men-cap Islam itu agama yang jorok.

Penyebab bau badan secara umum bisa berasal dari makanan yang dikonsumsi, penyakit yang sedang di derita, merokok, kebersihan yang kurang, dll.
Untuk mengatasi bau badan tidak harus dengan parfum. Mungkin beberapa tips di bawah ini dapat digunakan:
Jaga kebersihan badan. Secara rutin membersihkan bulu ketiak dengan cata mencabut atau mencukur guna menghindari lembab sehingga mudah menjadi sarang kuman yang menyebabkan bau. Islam juga mengajarkan kita muslimah untuk membersihkan bulu ketiak dan bulu kemaluan. Jadi sudah pas, kan?
Gunakan deodorant atau bedak anti BB setelah mandi. Jika ingin yang lebih tradisional bisa menggunakan tawas.
Banyaklah makan sayuran. Dulu sewaktu remaja, jika bau badan tidak enak, ibu akan memasak sayur beluntas dan bau badan langsung lenyap.

Sedangkan untuk bau mulut, biasanya disebabkan oleh penyakit misalnya radang tenggorokan atau sakit gigi atau bisa berasal dari makanan yang dikonsumsi. Bau mulut dapat dicegah dengan beberapa cara misalnya:
menjaga kebersihan mulut dengan menggosok gigi secara teratur. Bila perlu berkumur dengan obat kumur.
Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin E dan C.
Hindari merokok.
Banyaklah minum air putih.
Dan jika masih terus berlanjut, segera hubungi dokter untuk mengetahui penyebab bau mulut tersebut sehingga dapat segera di atasi.
Saat bau mulut kita sedang tidak sedap, sebaiknya gunakan masker agar tidak mengganggu orang lain yang berdekatan dengan kita.

Jadi tidak ada alasan lagi bagi muslimah untuk menajdi muslimah bau ya....!
Selamat mecoba!

#ODOPfor99days #day6


Tidak ada komentar:

Posting Komentar