Senin, 18 Januari 2016

Khusnul Khotimah

Hari Minggu aku besuk tetangga yang sedang di rawat di rumah sakit. Seluruh tubuhnya bengkak. Cuci darahnya gagal. Napasnya tersengal. Kesadarannya hilang timbul. Pembengkakan ginjal, paru dan jantung. Ma sya Allah, luar biasanya ia senantiasa mengingat Allah dalam sadarnya, menanyakan sudah saatnya sholat apa belum, bertakbir saat rasa sakit menyerang tubuhnya.
Bertahun-tahun ia menderita penyakit yang tak jelas penyebabnya. Pendarahan dan nyeri setiap hari. Tapi ia tak pernah lupa terus beribadah, sholat dan tilawah. .
Belum lenyap sakit diperutnya, giliran matanya mengabur. Katarak. Operasioun dilakukan. Menjelang kepergiannya untuk ibadah haji tahun lalu, matanya kambuh kagi dan harus dioperasi tapi dia tak mau. Anehnya selama ibadah hajinya, matanya terang melihat. Di Makkah ia sempat dirawat ketika mengalami serangan. Darah hitam dikeluarkan dari tubuhnya dan alhamdulillah rasa sakit di perutnya menghilang. Ia pun bisa menyelesaikan ibadahnya dengan baik.
Sepulang ibadah haji, serbuan penyakit kembali menderanya. Matanya bahkan tak sanggup lagi membuka karena rasa sakit sangat. Tapi ia tetap bersabar.
Ya Allah, semoga apa yang dialaminya  benar-benar membersihkan segala dosa dan kesalahannya dan menjadikannya kembali suci. Semoga Allah memberinya sehat kembali.
Apa yang dialami tetanggaku ini mengingatkan kembali kakak ipar perempuanku yang berjuang selama 2 tahun melawan kanker rahim. Ia perempuan yang ikhlas dan tak banyak menuntut pada suaminya. Di hari-hari terakhirnya, ia pergi ke pasar naik becak sambil menahan sakit. Didatanginya semua pedagang dimana dia pernah berhutang kekurangan kembalian meaki sebesar 500 rupiah. Dia bayar semuanya. Malam sebelum kepergiannya menghadap Sang Khalik, suara tilawah terdengar dari dalam kamarnya. Namun saat didatangi oleh keluarganya tak ada seorangpun di sana dan kakak ipar sedang tidur nyenyak.
Semoga itu pertanda ia khusnul khotimah.  Ya khusnul khotimah. Semua pasti ingin menggapainya.
Ya Allah, jadikan kami hamba-hamba yang bermanfaat dan akhirkanlah kehidupan kami dalam keadaan khusnul khotimah.
Semoga kami bisa belajar dari kisah kedua sosok pilihan-Mu ini. Aamiin.

#odopfor99days
#day11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar