Senin, 01 Februari 2016

Oshibana

Pertama kali mengenal oshibana adalah saat mengikuti workshop oshibana bersama sahanat-sahabat di Rumah Belajar Go Green dengan mentornya mbak Hapshoh.
Sejak itu aku mulai jatuh cinta pada Oshibana.


Seni merangkai bunga kering yang berasal dari Jepang ini mengingatkanku kembali pada masa sekolah dulu yang suka menyimpan bunga-bunga atau daun-daun diantara selipan buku-buku tebal. Karena tidak menggunakan teknik khusus, hasil selipan itu hanya berwarna coklat meskipun tetap cantik menurutku.
Dalam seni oshibana, dibutuhkan ketelatenan saat pengeringan bunga atau daun. Inilah kunci keberhasilan dalam oshibana. Jika cara-cara pengeringan yang benar dilakukan, maka warna-warna indah bunga dan daun akan tetap tertinggal sehingga saat diaplikasikan dalam rangkaian dapat menghasilkan seni yang indah. Selebihnya adalah kreatifitas masing- masing dalam merangkai materi yang sudah dikeringkan.

Cara pengeringan bunga dan daun dalam oshibana:
Hari pertama. Siapkan alat pengering berupa 30 lembar kertas buram atau, kertas koran ukuran folio, 5 lembar  kertas minyak ukuran folio dan lipat setiap lembarnya menjadi 2. Siapkan juga 5 lembar busa tipis ukuran setengah folio serta plastik klip ukuran 20x30cm 1lembar. Susun bunga minyakun pada kertas minyak yang telah dilipat. Kemudian letakkan kertas minyak tsb dg susunan sbb: kertas buram-busa-kertas minyak-kertas buram-busa-kertas minyak-.....dst sampai habis. Masukkan dalam plastik klip dan tekan dengan talenan agar kedap udara. Simpan dan tindih dengan tumpukan buku selama 1 hari.


Pada hari kedua, buka plastik pengering, dan pindahkan semua bunga. Setrika kertas pengering satu per satu lalu susun kembali bunga seperti hari pertama.
Hari ketiga, lakukan seperti hari kedua.
Hari ke empat, diamkan.
Hari ke lima, lakukan seperti hari kedua.
Hari ke enam, diamkan.
Hari ke tujuh, lakukan seperti hari kedua.
Hari ke delapan dan sembilan, diamkan.
Hari ke sepuluh, buka alat pengering. Jika bunga sudah benar-benar kering, simpan dalam wadah kedap udara.
Bunga dan daun kering siap untuk dirangkai.


Untuk merangkai, siapkan kertas, lem, gunting, pinset untuk memegang bunga, piringan kertas dan plastik laminating. Bunga kering yang sudah dirangkai harus dilaminating untuk mempertahankan warna asli. Oshibana bisa diaplikasikan untuk membuat lukisan pigura, pembatas buku, bros, gantungan kunci, dll sesuai selera.
Silahkan mencoba keasyikan oshibana...

#odopfor99days
#day21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar