Minggu, 07 April 2019

Komunikasi Produktif (11): Reflection 2


Hari ini aku bangun siang karena begadang debay, mumpung libur juga. Alhasil,  biasanya sarapan sudah siap,  belum ada makanan. Paksu sedang masak nasi. aku melanjutkan bikin lauknya. Zalfa sudah asik main hp,  padahal biasanya sdh teriak lapar. 
Hmm,  poin refleksi. Sengaja aku diamkan,  karena kalau komentar saat itu juga dia akan banyak ngeles. Lauk matang. Zalfa baru makan jam setengah 8, habis itu lanjut main hp lagi. Aku melanjutkan bebenah dan mandiin debay. 
Jam 10, aku tanya Zalfa. 
"Tadi mulai main hp jam berapa"?
"Iya ma udahan."
"Lho,  mama tanya mulainya kok."
"Jam 6."
"Sekarang jam berapa?"
"Iya ma," katanya tersenyum malu sambil naruh hpnya. 
"Mama kan nanya sekarang jam berapa?" tanyaku masih tetap dengan suara ramah. 
"Jadi Zalfa sdh main berapa lama?" Zalfa tersenyum lagi. 
"Banyak."
"Berapa jam?"
"4 jam."
"Berapa lama aturan maksimal boleh main hp?"
"1 jam. Oke,  aku mau main yang lain."
Aku tersenyum geli. Kalau gini kan dia tau salahnya dan ga bisa ngeles lagi. Habis itu biasanya dia akan lebih kooperatif kalau diingatkan. 
Krmudian Zalfa bermain dengan2 sohibnya di rumah. Kalau sudah main dengan 2 sohibnya ini bisa lupa waktu deh. Harus ada warning dulu nih buat sholat dan makan. 
"Zalfa mau sholat jam berapa? "
"Jam setengah dua ya?"
"Enggak,  itu kesorean. Jam 1."
"Oke."
Jam 1 lewat,  Zalfa belum menyudahi mainnya. Aku tinggal ngingetin aja. Dan teman-temannya pulang. 
Setelah sholat,  ia makan sambil menyalakan tv. Tiba-tiba ia ambil hp juga. 
"Zalfa,  tadi pagi sudah hampir 4 jam main hp,  masak mau main hp lagi? Lagi pula yang bener mau makan,  nonton tv apa main hp? "
Langsung hp ditaruh. 
Setelah makan,  si kinestetik ini mencari kesibukan lagi dan minta ijin buat main air. Masih ada jemuran itu,  ntar pada basah. Kenapa ga main tenda aja? 
Ga seru main tenda sendirian. 
Main air juga sendirian,  tapi tetep seru.  
Jadilah dia meniup kolam renangnya sendiri, mengisinya dan berenang.
Nanti malam tinggal lelahnya dan saatnya bacain cerita sebelum tidur sambil refleksi lagi kegiatan dia seharian ini. 

#hari11
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar