Senin, 08 April 2019

Komunikasi Produktif (12)


Hari ini sepertinya harus ada yang diluruskan dari paksu. Akhir-akhir ini komunikasinya dengan anak-anak mengalami kebalikan denganku. Biasanya dia yang lebih sabar dan malah terkesan memanjakan anak kalau menurutku,  tapi sekarang malah aku yang sudah mulai mulus dalam berkomunikasi sedang dia cenderung baper. Barangkali dia sedang banyak tekanan di kantor sehingga mempengaruhi sikapnya. 
Teori bilang, pillow talk atau ngobrol menjelang tidur itu bisa menjadi sarana berkomunikasi yang efektif dengan pasangan. Tapi buatku malah nyaris tak mungkin. Biasanya pulang kerja paksu sudah lelah. Sementara aku masih berkutat dengan anak-anak,  dia sudah terbang ke alam mimpi lebih dulu. Ngobtol sehabis shubuh justru yerasa lebih nyaman karena pikiran dan perasaan masih sama-sama fresh meskipun waktunya sangat terbatas. Maka aku coba mencari tanya kenapa paksu lebih baper. Sambil bersentuhan aku tanya, "Maaf ya, yah. Apa ayah sedang ada masalah dikantor atau ada tekanan lain? Soalnya kayak agak baper sama anak-anak. Tadi itu kak Hasnaga lagi marah tapi ayahsudahmau emosi aja. Sama Zalfa juga gitu." Tidak ada komentar dari paksu. Tapi itu tandanya paksu menyadari kekeliruannya. Dan betul,  sikapnya kemudian sudah melunak kembali. 
Laki-laki memang seringkali tak banyak bicara, tak suka diomeli apalagi disalahkan. Dan dalam komunikasi singkat itu semua poin komprod dengan pasangan telah dilakukan. 

#hari12
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar