Kamis, 11 April 2019

Komunikasi Produktif (15)


Zalfa sedang kurang sehat. Ayah menyarankan istirahat di rumah saja sebelum keterusan. Selama ini kami memang mencoba untuk mengurangi obat-obatan. Kalau sedang tidak enak badan ya istirahat saja, minum vitamin dan madu. Kebetulan kak Hasna juga libur sekolah. Alhamdulillah ada yang nemenin di mama dan dek Hanum di rumah. 
Tapi saat 'libur' begini bisa jadi alasan buat Zalfa untuk bisa main hp. Tapi mama nggak mau kalah lah. Sedari pagi sudah ajak ngobrol dia. 
"Zalfa, zalfa tidak masuk bukan karena libur tapi sakit. Kalau sakit harus istirahat jadi tidak boleh main hp."
"Oke,  mama. Aku main squishy boleh ya."
"Boleh."
Zalfa pun main squishy. Pas udah bosen mama suruh tidur enggak mau. Zalfa memang paling susah buat tidur siang kecuali sedang dalam perjalanan di mobil. Kemudian dia baca buku. Setelah itu ijin mau main hp,  mama ijinkan asalkan tidur dulu dan hanya boleh untuk main home sale squishy. Akhirnya mau juga dia tidur meskipun sebentar. Bangun tidur lanjut dengan main home sale squishy. 
Alhamdulillah badannya sudah enakan meskipun masih sedikit batuk. Malah mau bantu2 kak Hasna angkat jemuran. 

Hari ini kak Hasna juga bersikap baik. Biasanya dia suka kesel kalau pekerjaan rumah bagian dia dicampuri. Pagi2 dia sudah bilang ke ayah jangan pegang cucian,  nanti dia yang akan nyuci, tapi mau tidur lagi sebentar. Namanya emak2, kalau dia tidur dulu lha kapan nyucinya. Bisa2 jam 12 baru menjemur. Tapi supaya dia tidak marah, saya wa dia dulu. 
"Kak, mama giling cucian dulu ya,  ntar lanjutin."
Dan benar,  dia tidak sewot dan tetap melanjutkan cucian hingga menjemurnya. Ternyata memang enak kalau kia sudah tauhu cara berkomunikasi yang tepat untuk anak2. 

#semangatlebihbaik
#hari15
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar