Selasa, 09 April 2019

Komunikasi Produktif (13)


Zalfa melakukan kesalahan yang sama. Bermain squishy dan meninggalkannya di sembarang tempat. Kali ini sengaja diberesin ayahnya dan dicatat sebagai 1 kesalahan. 
Pulang sekolah, Zalfa masih harus diingatkan untuk melipat lagi peta Indonesia yang dipelajarinya. Selanjutnya ia masih melakukan beberapa kesalahan lainnya. 
Sorenya aku menyampaikan bahwa aku kecewa hari ini Zalfa tidak menepati beberapa kesepakatan lagi.  Aku minta dia mengingat kesalahan apayang telah dilakukannya. Dan karena banyaknya kesalahan yang telah dilakukan,  permintaan maaf saja belum cukup untuk menghapusnya. Aku memberinya pilihanhukuman,  mama tidak hadir menyaksikan performancenya besok atau tidak main hp sama sekali sabtu ini. Zalfa memilih pilihan kedua dan aku memang mengharapkan pilihanitu yang dipilih. 
Kemudian aku menegaskan kembali tentang kesepakatan bersama. Mulai besok,  terhadap pelanggaran yang dilakukan, akan berujung pada konsekuensi yang setimpal. Aku berharap Zalfa tidak menunggu diingatkan terus tentang kesepakatan itu. Zalfa setuju. 
Jujur pada saat Zalfa melakukan pelanggaran,  emosi saya yang tengah lelah berlebih dalam 2 hari ini seakan diuji. Rasa ingin meledak saja. Beruntung ingat dan malu pada tekad diri sendiri untuk berubah menuju kebaikan dalam berkomunikasi. Akhirnya saya memilih untuk mendiamkannya beberapa saat alih-alih mengomel di saat emosi tengah melanda. 
Bantu mamah belajar dan konsisten ya, Nak!

#hari13
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar